SOAL DAN JAWABAN
- Apa yang di maksud dengan:
a) Pertumbuhan
b) Perkembangan
c) Kematangan
d) Masa remaja
e) Remaja usia sekolah menengah
Jawaban:
a) Pertumbuhan adalah suatu penambahan dalam ukuran bentuk, berat atau ukuran Demensif tubuh serta bagian-bagiannya.
b) Perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk/bagian tubuh dan integrasi ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung.
c) Kematangan yaitu fisik dan psikis yang telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai pada tingkat-tingkat tertentu, contohnya seorang remaja dapat berkenan manakala organ-organ seks telah tumbuh dan sikap, perasaan, dan pikiran mereka telah berkembang dalam arti telah ada ketertarikan dengan lawan jenis.
d) Masa remaja Masa remaja atau orang barat bilang masa “teenager” ditandai dengan kematangan fungsi dan tercapainya bentuk tubuh dewasa. Gambaran pertumbuhan remaja ditandai dengan semakin tinggi dan beratnya remaja tersebut. Gambaran perkembangan remaja ditandai dengan tingkat perkembangan pubertas atau Tingkat Maturitas Kelamin.
e) Remaja usia sekolah menengah Masa usia sekolah menengah bertepatan dengan masa remaja, yang terbagai ke dalam 3 bagian yaitu :
1. masa remaja awal; biasanya ditandai dengan sifat-sifat negatif, dalam jasmani dan mental, prestasi, serta sikap sosial,
2. masa remaja madya; pada masa ini mulai tumbuh dorongan untuk hidup, kebutuhan akan adanya teman yang dapat memahami dan menolongnya. Pada masa ini sebagai masa mencari sesuatu yang dipandang bernilai, pantas dijunjung dan dipuja.
3. masa remaja akhir; setelah remaja dapat menentukan pendirian hidupnya, pada dasarnya telah tercapai masa remaja akhir dan telah terpenuhi tugas-tugas perkembangan pada masa remaja, yang akan memberikan dasar bagi memasuki masa berikutnya yaitu masa dewasa.
- Deskripsikan karakteristik yang menggambarkan ada dan berkembang pada diri individu remaja!
Jawaban :
a. Remaja dalam sudut pandang hukum, dalam Negara kesatuan RI ada Undang-Undang yang mengatur tentang kelaykan usia untuk melakukan suatu perkawinan yang sah di mata hukum dan negara, hal tersebut diatur dalam pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974. Yang menyatakan seorang wanita minimal berusia 16 tahun dan laki-laki berusia 19 tahun baru dapat melakukan perkawinan yang sah.
b. Remaja sudut pandang perkembangan fisik. Remaja memiliki kebutuhan fisik yang relative sama dengan orang lain yang bukan remaja. Perbedaan kebutuhan seorang remaja dengan orang lain terletak pada jumlah atau porsinya. Kebutuhan-kebutuhan fisik harus terpenuhi karena remaja berada dalam pertumbuhan yang sangat pesat seperti pertumbuhan tulang, otot dan berbagai organ tubuh lainnya. Jika kebutuhan fisik remaja tidak terpenuhi, maka bukan saja pertumbuhannya tidak maksimal tetapi juga kesehatan fisik dan mentalnya sangat terganggu.
c. Remaja dalam sudut pandang psikologis. Kebutuhan psikologis yang paling menonjol pada periode remaja adalah kebutuhan mendapatkan status, kemandirian, keakraban dan memperoleh filsafat hidup yang memuaskan untuk mengembangkan kodrat kemanusiaannya.
- Sebutkan dua aspek yang ada pada diri individu , jelaskan hubungan kedua aspek yang telah anda sebut!
Jawaban
penyesuaian diri memiliki dua aspek -- penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial. Uraian kedua aspek ini sbb.;
1) Penyesuaian pribadi adalah kemampuan individu untuk menerima dirinya sendiri sehingga tercapai hubungan yang harmonis antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya. Ia sadar sepenuhnya siapa dirinya, apa kelebihan dan kekurangannya dan mampu bertindak objektif sesuai dengan kondisi dirinya tersebut. Keberhasilan penyesuaian pribadi ditandai dengan tidak adanya rasa benci, lari dari kenyataan atau tanggungjawab, dongkol, kecewa, atau tak percaya pada kondisi dirinya.
2) Setiap individu hidup di masyarakat, dimana terdapat proses saling mempengaruhi satu sama lain. Dari proses tersebut timbul suatu pola kebudayaan dan tingkah laku sesuai dengan sejumlah aturan, hukum, adat dan nilai-nilai yang mereka patuhi, demi untuk mencapai penyelesaian bagi persoalan-persoalan hidup sehari-hari
1. Terjadinya perubahan dalam aspek :
v badan Fisik; seperti : berat dan tinggi.
v Psikis; seperti : berbicara dan berfikir.
2. Terjadinya perubahan dalam proporsi.
v Fisik; seperti : proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangannya.
v Psikis; seperti : perubahan imajinasi dari fantasi ke realistis.
3. Lenyapnya tanda-tanda yang lama.
v Fisik; seperti: rambut-rambut halus dan gigi susu, kelenjar thymus dan kelenjar pineal.
v Psikis; seperti : lenyapnya masa mengoceh, perilaku impulsif.
4. Diperolehnya tanda-tanda baru.
v Fisik; seperti : pergantian gigi dan karakteristik sex pada usia remaja, seperti kumis dan jakun pada laki dan tumbuh payudara dan menstruasi pada wanita, tumbuh uban pada masa tua.
v Psikis; seperti berkembangnya rasa ingin tahu, terutama yang berkaitan dengan sex, ilmu pengetahuan, nilai-nilai moral dan keyakinan beragama.
4. Suatu tes IQ diberikan kepada 10 orang remaja yang diperkirakan berumur mental (MA) 17 tahun. Sedangkan umur kelender masing-masing sebagai berikut:
a) 2 orang berumur 15 tahun mengerjakan dengan benar
b) 2 orang berumur 16 tahun mengerjakan dengan benar
c) 2 orang berumur 17 tahun mengerjakan dengan benar
d) 2 orang berumur 18 tahun mengerjakan dengan benar
e) 2 orang berumur 19 tahun mengerjakan dengan benar
Jawaban
Rumus : IQ=MA/CA x 100
a) 17 : 15 x 100 = 113
17 : 15 x 100 = 113
Kedudukannya Superior
b) 17 : 16 x 100 = 106
17 : 16 x 100 = 106
Kedudukannya Average
c) 17 : 17 x 100 = 100
17 : 17 x 100 = 100
Kedudukannya Average
d) 17 : 18 x 100 = 94
17 : 18 x 100 = 94
Kedudukannya Average
e) 17 : 19 x 100 = 89
17 : 19 x 100 = 89
Kedudukannya Dull Average
5. sebutkan tiga macam reaksi yang biasa dilakukan oleh remaja yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan benar dan memberikan solusi anda sebagai calon pendidik.
Jawaban
1) Reaksi bertahan
2) Reaksi menyerang
3) Reaksi melarikan diri
Solusi:
Sebagai seorang calon pendidik harus dapat mendekatkan diri kepada peserta didiknya dalam segala hal untuk dapat mencoba mencari tahu masalah-masalah yang sedang di alami dari si peserta didiknya. Dan dapat menyempatkan dalam memberikan kelompok belajar bersama atau kegiatan ekstra kulikuler lainnya yang dapat membangun rasa percaya diri pada peserta didiknya.
6. Jika kebutuhan remaja tidak terpenuhi, akibat apa saja yang akan timbul dan bagaimana solusi anda sebagai calon guru.
Jawaban
Apabila kebutuhan remaja tidak terpenuhi akan timbul perasaan kecewa atau frustasi perasaan konflik dan kecewa dapat dipastikan terjadi pada siswa remaja yang berupaya untuk mencapai dua tujuan yang bertentangan. Misalnya remaja yang berprilaku preman dengan tujuan ditakuti kelompoknya dan sekaligus bersikap terpelajar dengan tujuan dihormati akan menemui kesulitan dalam hidupnya. Siswa remaja yang kebutuhan-kebutuhannya tidak terpenuhi dapat melakukan tingkah laku mempertahankan diri seperti tingkah laku agresif, egosentris, dan menarik diri.
Usaha memenuhi kebutuhan bagi remaja tidaklah mudah, melainkan sangat rumit, kompleks dan bervariasi sebagai contoh kebutuhan remaja yang sering kurang memperoleh kebutuhan adalah kebutuhan akan kasih sayang dari orang tua maupun orang dewasa lainnya. Hal ini akan mengakibatkan remaja cenderung mencari penyelesaiannya sendiri dengan cara membanci orang tua, suka mencari perhatian orang lain, lebih betah berkumpul dengan teman sebayanya, mencari orang lain sebagai pengganti orang tuanya, yang dapat memenuhi kebutuhannya itu seperti gurunya, pemuka masyarakat, mencintai orang yang lebih dewasa.dsb
Usaha memenuhi kebutuhan bagi remaja tidaklah mudah, melainkan sangat rumit, kompleks dan bervariasi sebagai contoh kebutuhan remaja yang sering kurang memperoleh kebutuhan adalah kebutuhan akan kasih sayang dari orang tua maupun orang dewasa lainnya. Hal ini akan mengakibatkan remaja cenderung mencari penyelesaiannya sendiri dengan cara membanci orang tua, suka mencari perhatian orang lain, lebih betah berkumpul dengan teman sebayanya, mencari orang lain sebagai pengganti orang tuanya, yang dapat memenuhi kebutuhannya itu seperti gurunya, pemuka masyarakat, mencintai orang yang lebih dewasa.dsb
Solusi:
Guru atau orang dewasa lainnya perlu melakukan berbagai usaha atau tindakan untuk memenuhi kebutuhan remaja, misalnya;
1. Usaha untuk memenuhi kebutuhan mendapatkan status
a) Mengembangkan bakat khusus remaja dengan berbagai rangsangan dan menghargai prestasi mereka dalam bakat khusus tersebut. Memberikan penghargaan kepada remaja disesuaikan dengan kecepatan dan prestasi mereka masing-masing.
b) Menghindari pemberian motivasi dengan membandingkan remaja secara individu baik dalam prestasi akademis maupun bakat khusus.
c) Tidak menuntut remaja berprestasi sama, walaupun waktu, guru dan metode belajar yang sama.
2. Memenuhi kebutuhan untuk mandiri
a) Memotivasi remaja membuat rencana atau program untuk pemgembangan bakat atau potensi mereka.
b) Memberi kesempatam remaja untuk mengemukakan ide-ide mengambil keputusan, membentuk kelompok dan program pengembangan bakat.
Memberi penghargaan atau penguatan kepada kelompok remaja yang kreatif dalam belajar misalnya menemukan sendiri bahan belajar yang relevan dari berbagai sumber yang tidak semata-mata kepada materi yang diajarkan guru.
0 komentar:
Posting Komentar