skip to main | skip to sidebar

Will i'am Vampire

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Sabtu, 30 Oktober 2010

PENGANTAR PENDIDIKAN

Diposting oleh will i'am di 23.36

  1. Mengapa manusia harus dididik dan berbakat untuk dididik?
Jawab
Karena didik atau pendidikan adalah suatu kegitan yang sudah diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain. Dan agar dapat memberikan arah dan sesuatu yang ingin di capai. Membantu seseoranguntuk dapat (lebih mudah) menyadari adanya nilai-nilai itu, mendalaminya, meng-aku-inya, memahami hakekatnya, kaitannya satu sama lainserta peranan dan kegunaannya bagi hidup (bersama).
           
  1. Kapasitas individualitas dan sosialitas manusia tampaknya bertentangan namun harus dikembangkan secara seimbang dan selaras
    1. Mengapa demikian?
Jawab
Manusia Manusia yang utuh memiliki keseimbangan yang baik, memiliki kesadaran bahwa dirinya baik secara individual dan sosial, karena itu setiap langkah tentu telah diperhitungkan Mengapa demikian karena individualitas mempunyai keterarahan dalam perkembangan untuk mencapai suatu misi tertentu sedangkan sosialitas agar ia dapat hidup dan berkembang. Tentunya manusia itu dapat saja menentang tujuan hidup yang ada di dalam masyarakatnya, namun demikian itu berarti seseorang akan melawan arus di dalam perkembangan hidupnya.

    1. Bagaimana melakukannya?
Jawab
Keterarahan perkembangan tersebut tentunya tidak terjadi di dalam ruang kosong tetapi dalam suatu masyarakat manusia yang berbudaya. Secara harmonis mencari keseimbangan antara tujuan hidupnya dengan tujuan hidup dalam masyarakatnya. Contohnya saja dengan gotong royong dan bermasyarakat luas.



  1. Pendidikan sepanjang hayat adalah sebuah konsep ideal
    1. Kemukakan sekurang-kurangnya 4 alasan dukungan anda.
Jawab
1.      Karena manusia hidup dalam era pendidikan yang terus maju jadi manusia selalu di tuntut agar selalu terus belajar.
2.      Karena era pendidikan yang terus maju membuat manusia terus belajar untuk mendapat segala sesuatu(pekerjaan).
3.      Pendidikan itu juga dapat di sebut gudang ilmu pengetahuan tanpa batas yang tidak dapat termakan oleh zaman.
4.      karena era teknologi yang semakin canggih membuat manusia malas menuntut ilmu. Oleh karena itu era yang sekarang dan masa depan pasti negara dan masyarakat luas akan sangat membutuhkan manusia yang punya semangat untuk menuntut ilmu se[panjang hayat.

    1. Kemukakan beberapa kendala dalam pelaksanaan ide tersebut.
Jawab
Sebagian besar manusia berhenti belajar setelah merasa dewasa. Sikap dewasa ini umumnya disebabkan oleh kebodohan yang bersifat sosial dan mental/ psiko-spiritual. Sebagian orang merasa telah dewasa karena telah berusia di atas 17 atau 21, atau telah selesai sekolah atau kuliah, telah memiliki gelar akademis, telah memiliki pasangan hidup, telah memiliki pekerjaan dan jabatan yang memberinya nafkah lahiriah. Hal-hal itu telah membuat mereka berhenti belajar, sehingga tidak lagi mengalami transformasi-transformasi dalam kehidupannya, sehingga mereka tidak siap mengantisipasi perubahan-perubahan yang timbul. Sebaliknya bagi mereka yang senantiasa menjadikan proses belajar merupakan bagian dari kehidupannya mereka akan senantiasa siap mengantisipasi perubahan yang timbul atau bahkan perubahan yang diperoleh mereka sebagai akibat langsung dari proses belajar yang senantiasa mereka lakukan. Dan kendala lainnya adalah beratnya beban biaya penyelenggaraan pendidikan
  1. Mengapa pendidikan membutuhkan
    1. Landasan-landasan tertentu?
Jawab
Karena pendidikan merupakan sesuatu yang universal dan berlangsung terus menerus dan tak terputus dari generasi ke generasi  di manapun di dunia ini.

    1. Asas-asas tertentu pendidikan?
Jawab
Secara tegas bahwa pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan pada kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia menuju arah kebahagiaan hidup batin serta keselamatan hidup lahir. Dalam garis-garis adab kemanusiaan, seperti terkandung dalam segala pengajaran agama, pendidikan dan pengajaran bersendikan agama dan kebudayaan bangsa serta menuju arah keselamatan dan kebahagiaan masyarakat.jadi pendidikan membutuhkan asas-asas tertentu agar menuju kearah yang baik atau kebahagiaan hidup batin serta keselamatan hidup lahir

  1. Gambarkan dan jelaskan TRIPUSAT sebagai suatu sistem?
Jawab

System pendidikan diatas dinamakan Tripusat. Bagi taman siswa, di samping siswa tinggal dilingkungan keluarga, sebagian siswa tinggal diasrama yang di kelolah secara kekeluargaan dengan menerapkan system Among. Sedangkan pada lingkungan masyarakat, taman siswa menerapkan dengan penekanan pemupukan semangat kebangsaan.

  1. Penjajahan adalah suatu yang terkutuk, namun dilihat dari sisi Difusi dan Adopsi dalam pendidikan apa pandangan anda?
Jawab
Difusi kebudayaan berarti pembauran dan atau penyebaran budaya-budaya      tertentu antara masyarakat yang lebih maju kepada masyarakat yang lebih tradisional. Pada dasarnya setiap masyarakat setiap jaman selalu mengalami difusi. Hanya saja proses difusi pada jaman yang lalu lebih bersifat perlahan-lahan. Namun hal itu berbeda dengan sekarang dimana abad komunikasi mampu menyajikan beragam informasi yang serba cepat dan intens, maka difusi kebudayaan akan berjalan dengan sangat cepat. Bagaimanapun juga didalam masyarakat sederhana sekalipun proses difusi kebudayaan dari barat tetap menyebar.
Adopsi : atau proses mengikuti hal baik untuk dtitiru seperti masyarakat yang terbuka yang telah mengadopsi usnur-unsur budaya Barat. Lihat saja misalnya apa yang terjadi di negara kita, bagaimana pengaruh Kebangkitan Nasional terhadap kehidupan suku-suku bangsa kita. Sumpah Pemuda pada tahun 1928 telah melahirkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan dan/atau bahasa nasional yang notabene berasal dari bahasa Melayu dari puak Melayu yang hidup di pesisir Sumatera. Pengaruh bahasa Indonesia terhadap kebudayaan di Nusantara sangat besar sampai-sampai banyak anak-anak sekarang terutama di kota-kota besar yang tidak lagi mengenal bahasa lokalnya atau bahasa ibu.  Kita memerlukan suatu kebijakan pendidikan untuk memelihara bahasa ibu dari anak-anak kita.


  1. Desentralisasi pendidikan
    1. Apa saja kelemahan konsep dan praktis dalam praktek disentralisasi pendidikan nasional kita.
Jawab
Desentralisasi pendidikan itu sendiri merupakan salah satu model    pengelolaan pendidikan dengan memberikan suatu pendelegasian kewenangan tertentu di tingkat sekolah untuk membuat keputusan-keputusan. Singkatnya adanya proses pengalihan wewenang (transfer of authority) dalam organisasi pendidikan dari satu tingkatan yang lebih tinggi kepada tingkatan lain yang lebih rendah
Kelemahan konsep dan praktis dalam praktek disentralisasi pendidikan nasional kita diantaranya ialah  Menurunnya semangat partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan  pendidikan, Kurang dukungan dari Pemerintah dimana pernah  telah terjadi pengambilan alih kepemilikan sekolah yang sebelumnya milik masyarakat menjadi milik pemerintah dan dikelola sepenuhnya secara birokratik bahkan sentralistik serta kemampuan keuangan daerah yang terbatas.

    1. Apa saja keuntungan-keuntungan yang telah kita petik dalam praktek desentralisasi pendidikan
Jawab
Keuntungan-keuntungan yang telah kita petik dalam praktek desentralisasi Pendidikan : Dengan adanya desentralisasi pendidikan akan memberikan Keuntungan besar, di antaranya adalah dalam hal kebebasan guru menjabarkan kurikulum, menentukan buku pelajaran, memilih media yang akan digunakan, serta melaksanakan evaluasi belajar siswa secara mandiri. Pendidik pun merasa lebih bebas, lebih leluasa, terhindar dari diskriminasi, serta tidak kaku dan tidak terpaku pada aturan-aturan baku




  1. Bagaimana hubungan sebab akibat antara pendidikan dan kebudayaan?
Jawab
Hubungan sebab akibat antara pendidikan dan kebudayaan fngsi pendidikan dalam konteks kebudayaan dapat dilihat dalam perkembangan kepribadian manusia. Tanpa kepribadian manusia tidak ada kebudayaan, meskipun kebudayaan bukanlah sekadar jumlah kepribadian-kepribadian.
























DAFTAR PUSTAKA

  1. Pedro Arrupe S.J “refleksi pada universitas”, dalam teaching All Nations XIII, no. 1,1976.
  2. Dari president untuk pendidik, KOMPAS 27 agustus 1985.
  3. Dilema-dilema dalam dunia pendidikan ,kompas 26 juli 1984
  4. Sanata Dharma,30 oktober 1982Menanamkan nilai-nilai manusiawi dalam pendidikan sambutan dalam diesnatalis XXVVII IKIP
  5. Hasan, Fuad. 1986. “merdekakan anak didik pada lingkungan,bukan mengasingkannya”(Dialog). Prisma no.2 Thaun XV.
  6. Suparlan, Y.B 1984. Aliran-aliran baru dalam pendidikan Yogyakarta: Andi Offset.
  7. Tirtaraharja, Umar, et. Al. 1990. dasar-dasar kependidikan. Ujung pandang: Bagian penerbitan FIP IKIP Ujung pandang.
Mudyhardjo, Redja, waini Wasyidin, dan saleh soegiyanto. 1992. materi pokok Dasar-Dasar kependidikan. Modul 1-6 jakarta: P2TK-PT Depdikbud.
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Blog Archive

  • ►  2013 (3)
    • ►  November (2)
    • ►  Mei (1)
  • ►  2012 (9)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (5)
  • ►  2011 (21)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (2)
    • ►  Mei (6)
    • ►  April (3)
    • ►  Januari (1)
  • ▼  2010 (24)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (16)
    • ▼  Oktober (7)
      • The relationship of language and cross-culture com...
      • ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
      • ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
      • AGAMA DAN KEHIDUPAN MANUSIA
      • PENGANTAR PENDIDIKAN
      • PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
      • Tanpa judul

Followers

Friends

  • More
    • Posts RSS
    • Comments RSS
    • Login
    • Edit

SMS vampire

sms blog
will i'am. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Foto Saya
will i'am
im a good person add my fb: http://www.facebook.com/william.sengge
Lihat profil lengkapku

Blog archive

  • ►  2013 (3)
    • ►  November (2)
    • ►  Mei (1)
  • ►  2012 (9)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Februari (3)
    • ►  Januari (5)
  • ►  2011 (21)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Juli (1)
    • ►  Juni (2)
    • ►  Mei (6)
    • ►  April (3)
    • ►  Januari (1)
  • ▼  2010 (24)
    • ►  Desember (1)
    • ►  November (16)
    • ▼  Oktober (7)
      • The relationship of language and cross-culture com...
      • ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
      • ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
      • AGAMA DAN KEHIDUPAN MANUSIA
      • PENGANTAR PENDIDIKAN
      • PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
      • Tanpa judul

wanka2 dunk

free counters

what's up!!

hit counter
free web hit counter

tatap mata saya....

Vampire HIP-HOP

 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com